INFO KESEHATAN IBU DAN ANAK

Minggu, 14 Juni 2009

Nasehat Untuk Calon Bunda


Siapa sih yang tidak mau hamil? semua wanita pasti menginginkan hamil. Karena salah satu tujuan pernikahan adalah memperoleh keturunan. Nah untuk para calon bunda saya mau berbagi nih.....
  1. Perhatian bunda terhadap kandungan akan menjadi jaminan dari keselamatan dirimu dan calon jabang bayimu nanti. InsyaAllah.
  2. Usahakan tugasmu yang sedang-sedang saja dan seimbang supaya kebutuhan gizi yang standar tercukupi untuk bunda dan janinnya.
  3. Sebaiknya bunda mengkonsumsi dalam porsi secukupnya dari sayur mayur segar.
  4. Minumlah sekitar empat gelas susu segar atau susu fullcream setiap harinya.
  5. Jangan terlalu sering mengkonsumsi teh dan kopi, bawang, cabe dan bumbu-bumbu makanan, karena akan merusak saluran pencernaan, mengganggu syaraf dan membahayakan kandungan.
  6. Hindarilah mengkonsumsi obat-obatan tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, karena bisa membahayakan janin seperti menimbulkan kelainan pada bayi.
  7. Sebaiknya diminimalisir hubungan seks pada tiga bulan pertama serta pada satu bulan terakhir masa kehamilan.
  8. Banyak begadang akan menjdikan bunda lesu. Dianjurkan setiap hari harus tidur sembilan jam selama menjalani masa hamil.
  9. Jangan melakukan kesibukan yang melelahkan serta mengangkat barang-barang berat atau melakukan gerakan-gerakan keras, sebab itu tak jarang menimbulkan ketidakberesan di saat menjalani masa kehamilan.
  10. Bunda harus membiasakan diri untuk tenang , tidak banyak ikut campur dalam problematika keluarga. Sebab ketenangan psikologis merupakan faktor utama agar kehamilan berjalan dengan normal.
  11. Jangan menjenguk orang sakit atau orang yang terkena penyakit menular, sebab itu akan membahayakan kandungan.
  12. Hindarilah busana ketat atau ikat pinggang yang menekan selama masa hamil, karena akan menyebabkan keletihan dan sesak nafas.
  13. Jangan memakai sepatu yang berhak tinggi, karena akan memperkeras tiang tulang punggung, juga akan menambah kaku pada otot dan persendian yang akan menyebabkan nyeri punggung.
  14. Bunda harus rutin ke dokter selama menjalani masa kehamilan, sekali dalam sebulan selama enam bulan pertama, dua kali dalam sebulan selama bulan ketujuh dan kedelapan dan setiap minggu pada bulan kesembilan hingga tiba masa melahirkan.
  15. Harus ada kontrol tensi darah dan tes urine selama masa kehamilan agar dokter bisa memastikan bahwa dalam tubuh bunda tidak mengidap penyakit menular atau penyakit berbahaya lainnya.
  16. Bunda harus mandi rutin setiap hari selama masa kehamilan dan menyusui.
  17. Harus selalu diperhatikan kedua puting payudara dan menyiapkannya agar bisa menyusui secara normal, dimulai sejak bulan kelima masa kehamilan.
  18. Biasakan olahraga jalan kaki setiap hari , ini akan memperlancar peredaran darah serta memberikan gizi tambahan bagi janin dan akan mempermudah proses ketika anda melahirkan.
  19. Sebaiknya, semua proses kegiatan melahirkan dilaksanakan di rumah sakit, demi menjaga kebaikan ibu maupun anak.
  20. Sebaiknya bunda kembali melakukan sebagian pekerjaan rumah setelah melahirkan beberapa hari. Sebab ini akan mempermudah untuk mengembalikan rahim ke posisi aslinya, akan menguatkan otot dan mencegah pengenduran perut serta dada, juga akan membantu kelancaran air susu bayi.
Semoga Allah memudahkan proses persalinan bunda dan memberikan keturunan yang baik. amien.

Sumber : Ibrohim bin Sholih Al-Mahmud, Kado Spesial Calon Ibu, Penterjemah Umar
Burhanuddin.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Term of Use

Info Kesehatan Ibu dan Anak Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino